Kamis, 01 November 2012


  •   PENGERTIAN SIKLUS HIDUP SISTEM
                Metodologi adalah suatu cara yang disarankan untuk melakukan suatu hal. Pendekatan sistem adalah metodologi dasar untuk memecahkan masalah
SIKLUS HIDUP SISTEM (System Life Cycle-SLC)
Adalah penerapan pendekatan sistem untuk pengembangan sistem atau subsistem informasi berbasis komputer.
Sering disebut sebagai pendekatan air terjun (waterfall approach) bagi pengembangan dan penggunaan sistem.
  • TAHAP-TAHAP SIKLUS HIDUP
Empat tahap pertama adalah perencanaan, analisis, rancangan dan penerapan. Tahap-tahap ini secara bersama-sama dinamakan siklus hidup pengembangan sistem (system development life cycle-SDLC). Tahap kelima adalah tahap penggunaannya, yg berlangsung sampai sudah waktunya untuk merancang sistem itu kembali. Proses merancang kembali mengakibatkan siklus itu akan diulangi lagi.  

  • PENGELOLAAN SIKLUS HIDUP
  1. Saat sistem memiliki nilai strategis atau mempengaruhi seluruh organisasi, direktur utama atau  eksekutif mungkin memutuskan untuk mengawasi proyek pengembangannya.
  2. Ketika lingkup sistem menyempit dan fokusnya lebih operasional, kepemimpinan akan dipegang oleh eksekutif tingkat yang lebih rendah seperti wakil direktur utama, direktur bagian administrasi dan CIO.
  3. Komite yang memberikan petunjuk, pengarahan dan pengendalian yang berkesinambungan disebut komite pengarah.
  4. Komite pengarah yang mengarahkan penggunaan sumber daya komputer perusahaan dinamakan - komite pengarah SIM.

Komite Pengarah SIM, melaksanakan 3 fungsi utama yaitu:
Ø  Menetapkan kebijakan
Ø   Menjadi pengendali keuangan
Ø   Menyelesaikan pertentangan

  • TAHAP PERENCANAAN
Keuntungan dari Merencanakan Proyek CBIS
  1. Menentukan lingkup dari proyek
  2. Mengenali berbagai area permasalahan potensial
  3. Mengatur urutan tugas
  4. Memberikan dasar untuk pengendalian
  • LANGKAH-LANGKAH DALAM TAHAP PERENCANAAN
  1. Menyadari Masalah
  2. Mendefinisikan Masalah
  3. Menentukan Tujuan Sistem
  4. Mengidentifikasi Kendala-kendala Sistem
  5.  Membuat Studi Kelayakan
  6. Mempersiapkan Usulan Penelitian sistem
  7. Menyetujui atau Menolak Penelitian Proyek
  8. Menetapkan Mekanisme Pengendalian
  • TAHAP ANALISIS
  1. Mengumumkan Penelitian Sistem
  2. Mengorganisasikan Tim Proyek
  3. Mendefinisikan Kebutuhan Informasi
  4. Mengidentifikasi Kriteria Kinerja Sistem
  5.  Menyiapkan Usulan Rancangan
  6.  Menyetujui atau Menolak Rancangan Proyek


Tidak ada komentar:

Posting Komentar